Butuh Bantuan? Customer service Biak UKM siap melayani dan membantu Anda.
INFO 1 : Visi kami memajukan UKM yang ada di Biak Numfor. INFO 2 : Misi kami meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan UKM Biak Numfor. INFO 3 : Ayo bergabung dengan kami dengan cara menjadi Dropship. INFO 4 : Temukan produk khas Biak Numfor hanya disini.
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Bisnis Bersinar di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN

Tips Bisnis Bersinar di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN

Diposting pada 29 July 2019 oleh biakukm | Dilihat: 17 kali

Bagaimana caranya membuat bisnis moncer di era MEA seperti saat ini? Kita semua tahu bahwa saat ini kita sudah berada di era yang bernama MEA. Masyarakat Eknonomi ASEAN atau MEA adalah sebuah kerjasama antar negara-negara ASEAN, khususnya dalam bidang ekonomi. Dimana diantara negara-negara ASEAN memiliki kebebasan dalam melakukan transaksi perdagangan atau atau dalam bidang perekonomian. MEA sering disebut sebagai pasar bebas, dimana Indonesia merupakan salah satu anggota dari kesepatan ini, karena Indonesia merupakan bagian dari negara-negara ASEAN. Dan seperti kita ketahui MEA itu sendiri memberi dampak yang positif juga meberikan dampak yang negatif bagi kehidupan dan perekonomian bangsa Indonesia. Pada dasarnya MEA bisa menjadi peluang yang menguntungkan bagi bangsa Indonesia jika kita mampu memanfaatkan peluang tersebut. Namun, di sisi lain MEA juga bisa menjadi sebuah ancaman bagi perekonomian bangsa Indonesia jika kita tidak bisa memnafaatkan adanya MEA.

MEA Sebagai Tantangan atau Ancaman Bagi Bisnis di Indonesia?

MEA sudah dibuka, tepatnya pada tahun 2015 oleh negara-negara yang menjadi anggota ASEAN. Secara tidak langsung, MEA merupakan sebuah perjanjian dan kesepakatan yang memiliki tujuan mulia, yaitu untuk meningkatkan perekonomian negara-negara di kawasan ASEAN dengan membuka pasar bebas, dimana produk-produk dapat dijual dengan mudah ke luar negeri dan sebaliknya, produk dari luar negeri juga dapat lebih mudah masuk ke Indonesia. Tidak hanya produk, tenaga kerja juga bisa dengan mudah untuk keluar masuk antar negara di kawasan ASEAN. Adanya MEA bisa menjadi sebuah tantangan yang harus ditaklukan, namun disisi lain hal ini juga bisa menjadi ancaman yang serius jika tidak dipersiapkan dengan baik. Adanya pasar terbuka bisa membuat produk-produk dalam negeri untuk go internasional atau dijual di negara lain dan tenaga kerja di Indonesia juga bisa dengan mudah untuk bersaing dengan negara lain. Hal ini bisa menguntungkan, namun untuk bisa masuk ke ranah internasional tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kualitas. Untuk bisa mengirim produk kita ke luar negeri, maka kita juga harus memiliki kualitas yang memenuhi standar internasional agar produk kita bisa diterima dan mampu bersaing dengan produk asing. Selain itu, dari segi tenaga kerja, maka kita harus meningkatkan kompetensi warga negara indonesia agar mampu bersaing dengan negara lain, karena saat ini sudah banyak ditemukan beberapa warga negara asing yang bekerja di Indonesia, sehingga secara tidak angsung mereka justru mengambil kuota tenaga kerja bagi warga negara Indonesia.

Tips Membuat Bisnis yang Moncer di Era MEA

Adanya MEA, bukan berarti harus membuat kita takut dan tidak mau berusaha. Namun, sebaliknya MEA justru harus kita manfaatkan dengan baik, terutama di dunia bisnis. MEA dapat membuat bisnis kita menjadi moncer, asal kita tahu cara dan memilih bisnis yang moncer di era MEA ini. Ada beberapa bisnis moncer yang bisa dipilih untuk dijalankan di tengah era MEA seperti saat ini, yaitu:

1. Bisnis Dunia Pariwisata

Seperti kita ketahui, saat ini dunia pariwisata sedang mendapatkan perhatian di seluruh dunia. Banyak sekali negara-negara di seluruh penjuru dunia mulai mengangkat pariwisatanya masing-masing. Dan seperti kita ketahui pula, kita berada di negara yang memiliki keindahan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Negara Indonesia sudah dikenal oleh dunia memiliki destinasi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari pulau Bali, Lombok, Raja Ampat dan destinasi lain. Bisang ini juga diprediksi akan terus berkembang, karena semua orang butuh wisata dan berlibur, sehingga konsumen atau wisatawan tidak akan berhenti berwisata meski ada MEA, justru adanya MEA memudahkan mereka untuk berkunjung ke negara Indonesia.

2. Fashion

Selain pariwisata, bisnis di bidang fashion juga akan terus berkembang, asalkan memiliki kualitas yang bagus dan mampu bersaing secara internasional. Karena bisnis fashion ini bisa memperkenalkan produk-produk asli Indonesia yang sebenarnya tidak kalah dengan produk luar negeri. Asalkan produk yang dijual mengikuti trend mode yang sedang berkembang di dunia dan kualitas yang baik, maka bisnis ini bisa menjadi bisnis yang moncer di era MEA.

Bagikan informasi tentang Tips Bisnis Bersinar di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Bisnis Bersinar di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN | Biak UKM

Belum ada komentar untuk Tips Bisnis Bersinar di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Abon Tuna Asky Biak

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual Abon Tuna Asky biakRp 35.000
Tersedia / MK009
Rp 35.000
Stok: Tersedia
Kode: MK009
Tempat Kapur

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual tempat kapur unik*Harga Hubungi CS
Tersedia / HS002
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Kode: HS002
Anting Kerang 2

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual anting kerang ukm biakRp 25.000
Tersedia / ANT05
Rp 25.000
Stok: Tersedia
Kode: ANT05
Topi Papua 3

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Topi papua lucu*Harga Hubungi CS
Tersedia / TP003
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Kode: TP003
SIDEBAR

Biak UKM adalah toko online yang menjual produk UKM Biak Numfor. Kami menjual semua produk UKM buatan masyarakat yang tinggal di Kabupaten Biak Numfor.

Anda juga dapat menemukan kami di Facebook, Twitter,  Instagram, Shopee, Tokopedia, Bukalapak. Ikuti kami untuk dapatkan info produk terbaru dan Diskon.

Dapatkan Info Terbaru

Thank you for subscribing.

Something went wrong.